download lagu

mp3

Jumat, 23 April 2010

Chord dan Harmony scale

Wah wah wah temen-
temen yang mau lebih
tau tentang chord, ato
yang pengen penjelasan
lebih dari “lesson
mengenal major dan
major 7th harmony”
bisa dateng ke sini nich.
Ne gw mau kasih
beberapa penjelasan
buat pengen tau lebih
soal chord gitu he he he,
tapi kalau yang udah
tau ya kasih tau gw gitu
ha ha ha :-) . By the way
karena gw ini gitaris ya
alat musik yang gw
jadikan contoh ya gitar
gitu, tapi artikel ini bisa
untuk semua alat musik
kog. Coz merupakan
teori dasar.
Hmmm bila ketika
keliling ke seluruh dunia,
mungkin kita akan
menemukan banyak
sekali hewan dan
serangga halah, tapi kita
hanya akan
mendapatkan 3
kelompok utama chord
walau kita sudah
bertanya pada penguin
di kutub utara ck ck ck.
Kembali ke chord. Chord
yang membangun
seluruh musik dan
melody di dunia ini
(secara umum) hanya
terdiri dari 3 macam
yaitu Major, Minor, dan
Dominant7. Dan ketiga
chord tersebut tercipta
dari susunan triad
(appergio) oleh scale
major nada tersebut
(maksudnya mereka
emang tercipta dari scale
major). Hanya saja,
khusus bagi Minor dan
Dominant berasal dari
scale major yang
mengalami perubahan.
Udah tau soal scale
major kan? Kalau belum
baca dulu dunk artikel
yang sebelumnya (link
di atas tadi) . Untuk hal
ini saya gw akan
menjelaskan dengan
contoh scale C Major
karena paling gampang
he he he (jarak antar
nadanya
1-1-1/2-1-1-1-1/2,
notnya C D E F G A B)
Triad dari C Major adalah
nada ke 1 (tonic/root),
nada ke 3 dan nada ke 5
bila dari scale C Major
yaitu not C, E, dan G
Triad dari C7 Dominant
adalah nada ke 1 (tonic/
root), nada ke 3 nada ke
5 dan nada ke b7 (nada
ketujuh yang diturunkan
setengah) bila dari scale
C Major yaitu not C, E, G,
dan Bb
Triad dari C Minor adalah
nada ke 1 (tonic/root),
nada ke b3 dan nada ke
5 bila dari scale C Major
yaitu not C Eb dan G
Dalam semua chord di
atas ada satu yang
punya embel-embel
aneh yaitu C7 Dominant,
megapa C7 Dominant
harus menggunakan
nada ke tujuh? Hali ini
disebabkan oleh
kesamaan triad dari C
Major dan C Dominant,
nada C, E, dan G. Selain
itu tangga nada
dominant adalah 1 2 3 4
5 6 b7, oleh karena itu
untuk membedakannya,
para musisi memberikan
nada ke 7 sebagai
ekstensi pada chord
tersebut. Contoh di atas
adalah berbagai nama
pendiri chord (chord
dasar). Sebenarnya
masih banyak bentuk
chord yang lainnya
namun yang lain
tersebut hanyalah
perubahan atau
keturunan dari para
pendiri chord tersebut,
misalkan G11#9b5, itu
adalah chord dominant7
yang mengalami
perubahan nada. Chord
G7 Dominant yang
ditambah nada ke 11,
nada ke sembilan yang
dinaikkan setengah not
dan nada kelimanya
diturunkan setengah not.
Hal ini juga bisa berlaku
pada semua chord dasar.
Penjelasan mengenai
chord aneh ini akan gw
berikan pada lesson
yang lain.
Hanya perlu 3 nada
untuk membentuk
sebuah chord dasar,
coba bunyikan nada
tersebut (misal C, E , G
secara bersamaan) dan
jreeeng nadanya adalah
C Major. Yang lainnya
juga dicoba lho.
Chord
Terbentuknya
Harmony Chord
Bila kita melihat lesson
yang sebelumnya
“lesson mengenal
major dan major 7th
harmony” . Di sana
dijelaskan bahwa
harmony terdiri dari
nada I (mayor), ii
(minor), iii (minor), IV
(major), V7 (dominant),
vi (minor) dan vii
(diminished).
Hey hey kog aneh bro,
katanya Cuma 3 ? Tapi
kog malah dikasih dimini
dimini gituan sich. :-< ?
Wah gimana yo
jawabnya, memang
ketiga chord
sebelumnya adalah
chord dasar. Bila kita
telah menguasai
ketiganya kita udah bisa
main musik dengan
bagus and bisa
mengiringi ratusan atau
ribuan lagu yang ada
kog. Diminished
terbentuk karena
pengaruh jarak antara
nada dalam scale major.
Ntar gw jelasin lagi dech,
gw juga bingungE,
maklum gw otodidak
nich he he he :-D .
Nah modal inilah yang
dijadikan para musisi
untuk membuat lagu
(kalau dalam lagunya
tidak terdapat modulasi/
perubahan nada dasar
lho). Kalau nada dasar
lagu kita C Major, mau
bikin lanjutannya ya
tinggal pilih antara Dm,
Em, F, G7, Am, atau Bdim
gitu cuy. Sebagian besar
lagu memiliki mode
kayak gini, nyari chord
juga gitu kux. Cari nada
dasar, kalau dah ketemu
ya tinggal cari chord
yang lain yang tersedia
(kecuali lo alirannya Jazz
yang gonta ganti nada
dasar ya udah nyerah
aja gitu kalau modal
nyari chordnya baru ada
kayak gini :-D ) baca
artikel “Mencari Chord
dalam Sebuah Lagu” .
Tapi untuk lagu pop kan
aneh gitu kalaw pake
chord G7, apalagi
diminished. Kenapa kog
Kuburan Band pake
chord C A minor D minor
ke “G” ke C lagi dll, kog
bukan G7 gitu? Ya untuk
menyelaraskan dengan
musik pop, kita gak
perlu menggunakan
chord aneh tersebut. G7
kan hampir sama
dengan G Major (udah
dijelasin di atas lho),
karena itu pemakaian G
Major sah sah saja dalam
harmony. Demikian juga
dengan Bdim yang
merupakan chord minor
bisa diganti jadi B Minor
saja.
Ne penjelasan tentang
diminish tadi bro
Kalau di harmony C
major sebagai nada
dasar, kan chordnya tu
C, Dm, Em, F, G7, Am,
atau Bdim. Semua chord
ini tercipta dari scale C
major (C D E F G A B C).
Nada dasarnya C, terus
cari nada urutan ketiga
kan dapetnya E dan
yang kelima dapetnya G
and chordnya jadi major
gitu. Terus kalau kita
mulai dari D nada
ketiganya tu F and nada
kelimanya A terus
jadinya minor. Coba
mainin di fret gitar deh,
kenapa kog jadinya
minor. Coz nada
ketiganya F berjarak 1
½ nada dari D. Dan
khusus diminished, kita
mulai dari B, nada
ketiganya D dan
kelimanya F. kalau di
mainin di gitar pake
power chord (chord yang
Cuma pake 2 nada itu
lho, yang paling
gampang buat main
efek distorsi), biasanya
kan nada kelima di
pencet pake jari manis
and nada dasarnya pake
telunjuk dan kelingking.
Tapi khusus ini malah
nada kelimanya mundur
setengah (mencetnya
pake jari tengah) jadi di
F gitu bro karena manut
ama harmony scale C
major. Akhirnya chord ini
menjadi chord
diminished yang
rumusnya 1 b3 dan b5
dari scale major chord
tersebut. Dan ini menjadi
alasan utama mengapa
terbentuk berbagai
modes dan yang paling
minimal di atas chord-
chord tersebut kita bisa
berimprovisasi hanya
dengan 1 macam scale
yaitu scale C Major.
By the way, ada 1 hal
nich yang perlu kita
pahami. Proses
terbentuknya harmony
beda lho ama
terbentuknya chord.
Chord adalah susunan
triad yang terbentuk
dari scale major nada
tersebut (C Major dari
scale C Major, C Minor
dari scale C Major yang
diubah dll). Sedangkan
harmony adalah
bagaimana cara kita
menyusun chord-
chord tersebut dalam
sebuah susunan yang
indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar